Fiber optic atau Copper cable?

Fiber dan Copper merupakan jenis kabel jaringan internet yang sangat lazim digunakan di seluruh Dunia. Copper merupakan jenis kabel yang menggunakan listrik yang dialirkan di tembaga sebagai jalan untuk dilewati data, sementara Fiber menggunakan cahaya yang mengalir pada sejenis plastik atau kaca khusus sebagai jalan. Saat ini, keduanya masih bersaing meraih tempat teratas jenis kabel favorit. Namun, meski fiber internet masih terbilang baru, dibanding kabel tembaga yang sudah menemani dunia internet sejak lama, Fiber telah menjadi pilihan banyak orang. Mengapa demikian? Apa hal-hal yang membuat Fiber lebih digemari dari Copper? Berikut ini beberapa alasannya.

Bandwidth
Kabel fiber memiliki kapasitas yang lebih besar dari kabel tembaga, hal ini mempengaruhi kapasitas bandwidth yang dimiliki fiber. Kabel fiber dapat memiliki bandwidth hingga lebih dari 10 Gbps.

Kecepatan dan kemampuan menempuh jarak
Fiber menggunakan cahaya sebagai cara transportasi, dan cahaya dapat berjalan lebih cepat dari listrik. Dan berbeda dengan kabel tembaga, fiber tidak memiliki batasan jarak. Kabel tembaga memiliki batasan jarak 100 meter, namun fiber dapat menempuh jarak hingga 550 meter, dan bahkan 40 kilometer untuk jenis fiber tertentu.

Keamanan
Fiber memiliki tingkat keamanan yang lebih baik. Plastik atau kaca khusus yang terdapat pada kabel fiber lebih kuat dan tahan lama dibanding kabel tembaga. Kabel fiber juga tidak mengeluarkan sinyal seperti kabel tembaga.

Pengawasannya lebih mudah
Jika terdapat kabel yang terganggu, kita dapat langsung mengetahui lokasi tepatnya. Dan jika terdapat kabel yang putus, cahaya akan langsung keluar dari patahan kabel sehingga lebih mudah terlacak.

Ketahanan berlebih
Komposisinya yang terdari dari plastik atau kaca khusus, membuatnya tahan terhadap berbagai macam hal yang tak dapat ditahan oleh kabel tembaga. Gangguan listrik atau sinyal radio tidak mempengaruhi kabel fiber, lebih tahan terhadap getaran, dan dapat ditempatkan di dalam air.

Ukuran
Ukuran kabel fiber lebih kecil dari kaber tembaga, namun lebih kuat dan tahan lama. Bahkan jika klien ingin meningkatkan kapasitas atau mengupgrade jenis kabel, tidak terdapat perubahan yang signifikan dari ukuran kabel.

Biaya yang lebih efisien
Pada dasarnya harga kabel fiber lebih tinggi dari kabel tembaga, namun biaya perawatan dan efektifitas kabelnya membuatnya lebih efisien. Ditambah lagi harga kabel fiber perlahan-lahan terus menurun.

Selain dimanfaatkan sebagai media transmisi data untuk koneksi internet, ternyata masih banyak lagi manfaat kabel fiber ini terkait dengan bidang seni. Namun tentunya, diperlukan kreatifitas tingkat tinggi untuk dapat memanfaatkan kabel ini untuk berbagai kebutuhan yang berkaitan dengan seni. (RR)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar