Jumlah Angsuran Kredit yang Sesuai bagi Anda


Ketika mengajukan kredit  kadang ada beberapa orang yang tanpa memperhatikan kondisi keuangannya mengajukan kredit dalam jumlah yang banyak. Kemudian pada saat waktu pembayaran ia harus mencari utang lain karena ternyata tidak sanggup membayar hutang tersebut. Anda bisa menghindari hal ini dengan menghitung jumlah angsuran kredit  yang sesuai bagi Anda. Yaitu, paling banyak 30% dari jumlah pendapatan Anda perbulannya.

Menghitung Jumlah Angsuran Kredit


menghitung-cicilan-kredit
menghitung-cicilan-kredit
Ketika menghitung jumlah cicilan yang ideal sesuai dengan kondisi keuangan Anda, ada baiknya memperhatikan hal penting berikut ini.  

  • Buatlah daftar hutang yang Anda miliki saat ini, tidak hanya hutang ke bank, tapi juga hutang ke teman atau orang lain. Yang perlu Anda perhatikan adalah besaran cicilan setiap hutang, besarnya bunga, tipe angsuran, dan sisa waktu pembayaran.


  • Jumlahkan semua angsuran hutang yang sedang berjalan saat ini. Direkomendasikan batas maksimal dari seluruh hutang Anda adalah 30% dari jumlah pendapatan Anda. Setelah itu, hitung sisa porsi yang dapat digunakan untuk mencicil hutang kredit Anda.


  • Perhitungkan rencana pengeluaran yang bisa memicu hutang di masa yang akan datang dan perkiraan dimulainya pengeluaran tersebut.


  • Atur agar pengeluaran hutang Anda saat ini dan hutang masa depan Anda agar dapat berjalan secara harmonis. Misalnya porsi angsuran untuk kredit tanpa agunan Anda ternyata sangat kecil, coba perhitungkan kembali hutang yang bisa diselesaikan dalam waktu cepat seperti hutang barang konsumtif dan mengalami penurunan nilai. Setelah hutang tersebut terselesaikan, Anda bisa mengalihkan dana untuk menambah porsi angsuran untuk kredit kendaraan Anda.


  • Setelah diterapkan lakukanlah evaluasi secara berkala. (raw)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar