Merawat Rambut yang Sering Dicatok

Add caption
Mencatok rambut, siapa yang tidak familiar dengan kegiatan ini, terutama wanita. Namun tahukan Anda, dibutuhkan pula perawatan rambut yang khusus untuk wanita yang gemar mencantok. Karena dengan mencatok, rambut memang akan terlihat lurus dan rapih namun jika terlalu sering dicatok atau mencatok dengan cara yang salah akibatnya adalah rambut menjadi kering dan mudah patah. Buat kamu yang juga gemar mencatok rambut dan mengalami hal yang sama, berikut tips merawat rambut yang sering dicatok:

Cara mencatok yang benar


  1. Jangan catok rambut ketika rambut basah atau habis keramas, tunggulah sampai rambut kering. Mencatok rambut ketika masih basah akan membuat rambut seperti bau terbakar.
  2. Sebelum mencatok usapkan serum, krim, atau lotion pelindung rambut untuk mencegah rambut kering namun tetap berkilau dan sehat.
  3. Pisahkan rambut menjadi beberapa bagian, jepit dengan alat catok, tahan selama 6 detik dan tarik dari pangkal hingga ujung rambut. Usahakan jangan berhenti di tengah karena akan membuat rambut terlihat patah.
  4. Jangan mencatok satu bagian rambut secara berulang-ulang. Gesekan antara lempengan catokan dan rambut dapat merusak kutikula rambut.
  5. Setelah selesai sisirlah dengan menggunakan sikat bulu khusus sesuai dengan keinginan.


Merawat alat catok


  1. Pilihlah alat catok dengan lempeng yang terbuat dari keramik. Lempengan dari keramik menghasilkan panas yang konstan dan merata pada rambut, sehingga lebih cepat lurus.
  2. Sehabis mencatok diamkan sampai alat catokan dingin kemudian lap dengan lap/handuk bersih.
  3. Simpan alat catokan di tempat  yang kering. Jangan taruh di tempat yang lembab, seperti kamar mandi, karena uap air akan merusak sirkuit benda elektronik.


Merawat rambut yang sering dicatok

Untuk rambut yang sudah tipis dan kering jangan setel catokan pada suhu maksimum dan cukup catok 2-3 kali seminggu.

Untuk menjaga kelemababan alami rambut, kita dapat menggunakan kondisioner setiap habis keramas atau melakukan treatment khusus untuk hasil yang lebih permanen. Treatment ini bermacam-macam jenisnya mulai dari treatment untuk rambut rontok, kulit kepala berminyak, batang rambut yang kering, dan sebagainya. Pilihlah sesuai dengan keluhan rambut dan bisa dilakukan 2-3 minggu sekali.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar