Mengapa Kredit Anda ditolak Bank? Ini alasannya



Pernahkan  mengajukan kredit   ke beberapa bank dan kemudian tidak ada satupun yang gol? Memang mengesalkan bukan?  Namun, sebelum Anda mulai menyalahkan pihak lainnya, ada baiknya Anda mengetahui penyebab mengapa kredit Anda ditolak. 



Penyebab ditolaknya kredit

alasan kredit ditolak bank
alasan kredit ditolak bank
Berikut adalah beberapa alasan umum ditolaknya kredit Anda: 



  • Aset jaminan kredit bernilai rendah. Aset untuk jaminan ini biasanya berupa tanah, bangunan, atau kendaraan. Bank bisa menolak aplikasi kredit Anda jika aset yang dijadikan jaminan dinilai rendah oleh bank, misalnya perbedaan nama antara pemiliki mobil dengan BPKB.



  • Riwayat kredit buruk. Coba cek riwayat perhutangan Anda, jangan sampai ternyata Anda memiliki tunggakan kredit macet. Karena, riwayat kredit macet Anda ini akan tercatat dalam list BI-checking yang dapat diakses oleh bank lainnya, dan mempengaruhi kesempatan Anda mendapatkan kredit.



  • Kelengkapan dokumen. Kelengkapan dokumen yang menjadi persyaratan mengajukan kredit tentunya sangat penting. Jika Anda lalai dan dokumen yang Anda sertakan dinilai kurang atau tidak lengkap, pihak bank dapat menolak pengajuan kredit Anda. Misalnya melengkapi surat izin usaha seperti SIUP bagi Anda yang berprofesi sebagai pengusaha, atau surat izin praktek bagi Anda yang berkerja di bidang profesional seperti dokter, pengacara, dan sebagainya.



  • Tidak lengkap mengisi formulir. Ini memang terlihat sepele tapi bila formulir pengajuan kredit Anda tidak lengkap, bank bisa menolak pengajuan kredit Anda. Apalagi bila ternyata nomor telepon yang bisa dihubungi tidak Anda isi atau ternyata tidak bisa dihubungi.


Dengan mengetahui penyebab umum ini Anda jadi bisa lebih mempersiapkan diri untuk mengajukan kredit berikutnya. Semoga bermanfaat. (raw)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar