Tips Sederhana Dalam Membedakan Pipa SNI dan Pipa JIS

Di Indonesia, standar pipa yang banyak beredar adalah pipa SNI dan pipa JIS. Nah, keduanya jenis ini tentu memiliki perbedaan dalam standar produksinya. Pipa SNI merupakan jenis pipa yang diproduksi dengan Standar Nasional Indonesia, sedangkan pipa JIS adalalah jenis pipa yang diproduksi berdasarkan Japan International Standard. Pipa SNI dirancang dengan standar SNI 06-0084-2002 yang dirancang untuk mengalirkan air bersih pada berbagai jenis proyek, PDAM, ataupun industri lainnya.

Tips Sederhana Dalam Membedakan Pipa SNI dan Pipa JIS
Gambar: Freepik/evening_tao


Lalu, apa aja perbedaan antara pipa SNI dan pipa JIS yang dapat kita ketahui? Berikut adalah perbedaan pipa SNI dan pipa JIS.

1. Diameter Pipa


Ukuran diameter pipa memiliki perbedaan masing-masing yang didasarkan pada standar produksinya. Produksi SNI mengeluarkan pipa dengan ukuran diameter berkisar diantara 20 cm hingga 630 cm. Sedangkan produksi pipa JIS memiliki variasi diameter diantara 22 cm hingga 630 cm.

2. Panjang Pipa


Pipa yang diproduksi dengan standar JIS umumnya diproduksi dengan ukran rata-rata adalah 4 meter untuk setiap batangnya. Berbeda dengan produksi pipa jenis SNI yang berdasarkan pada ukuran diameter batang pipa. Untuk pipa SNI dengan diameter 0.25 inch hingga 2 inch diproduksi dengan panjang rata-rata adalah 4 meter. Sedangkan untuk pipa SNI dengan diameter diatas 2 inch diproduksi dengan panjang rata-rata adalah 6 meter.

3. Sistem Penyambungan Pipa


Varian penyambung juga menjadi pembeda antara pipa JIS ataupun pipa SNI. Terdapat dua metoda penyambungan yang umumnya digunakan yaitu solvent cement dan Rubbering Joint. Untuk pipa dengan tipe JIS hanya dapat disambung dengan menggunakan metoda penyambungan solvent cement (lem pipa PVC). Sedangkan pipa jenis SNI dapat disambungkan dengan menggunakan metoda rubbering joint ataupun metoda solvent cement. Sistem rubbering joint merupakan teknik penyambungan tanpa menggunakan alat penyambung khusus atau bahan perekat lainnya. 

4. Harga Pipa 


Meski tidak terpaut harga yang jauh, namun perbedaan harga dapat memnjadi indkator untuk membedakan jenis pipa SNI maupun JIS. Umumnya pipa jenis JIS dijual dalam satuan batang, dimana perbatangnya memiliki ukuran 4 meter. Sedangkan pipa jenis SNI dijual persatuan batang ataupun permeter. 

Itulah perbedaan yang dapat membantu kamu untuk mengetahui jenis standar produksi pipa yang digunakan. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar