Tips Memberikan Kartu Kredit untuk Anak

Ternyata memberikan kartu kredit  kepada anak remaja Anda justru merupakan pelatihan kepercayaan dan tanggung jawab bagi anak dan orang tua, sebagaimana diungkapkan oleh Maria Sukrisman, vice president, card marcom & strategic head, Citibank N.A Indonesia.  Selain itu, juga mengajarkan anak untuk mengelola keuangannya sendiri.

Tapi, tentu saja jika tidak digunakan dengan benar, memberikan kartu kredit untuk anak remaja Anda bisa mendatangkan bencana keuangan. Nah, disinilah peran Anda sebagai orangtua untuk membimbing dan mengawasi penggunaan kartu ini. Bagi Anda yang berniat membekali anak dengankartu kredit, simak  tips-tips berikut yang dikutip dari wolipop:

  1. Tidak ada batasan usia yang tepat memberikan fasilitas ini untuk anak. Jika Anda merasa anak telah membutuhkan dan memahami fungsinya, maka Anda dapat memberikannya.
  2. Ajarkan dan berikan contoh menggunakan kartu kredit yang baik melalui sikap Anda menggunakannya.
  3. Sampaikan pada anak bahwa pemberian kartu ini adalah sebuah penghargaan untuknya. Sehingga mereka harus bertanggung jawab ketika menggunakannya.
  4. Berikanlah hanya satu kartu kredit untuk anak Anda. Buatlah kesepakatan mengenai limit kartu kredit anak.
  5. Diskusikan bagaimana cara anak Anda akan membayar cicilan kartu. Apakah dengan memotong uang saku bulanannya atau cara lain. Hal ini akan mengajarkan anak untuk bertanggung jawab atas setipa pengeluaran yang ia lakukan.
  6. Kaji ulang dan diskusikan tagihan setiap bulan. Bila Anda menemukan hal-hal yang tidak sesuai atau tidak perlu dallam tagihan, ajaklah mereka membicarakannya. Melalui hal ini Anda bisa mengajarkan anak mengenai bunga dan pentingnya untuk melunasi tagihan tepat waktu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar