Tips Mudah Kelola Dana Kredit Renovasi Rumah

Dengan adanya dana kredit renovasi dari bank, pemilik rumah bisa mengajukan pinjaman untuk membiayai perbaikan rumahnya. Sehingga pemilik rumah bisa memperbaiki rumahnya tanpa takut akan kehabisan biaya ditengah jalan lagi. Kredit renovasi ini, bisa diajukan baik melalui bank konvensional atau bank syariah. Keduanya memiliki persyaratan yang hampir sama. Perbedaan biasanya terletak pada sistem bunga, pembayaran, dan cicilan.


Mengelola Kredit Renovasi


mengelola-kredit-renovasi
mengelola kredit renovasi
Berikut adalah cara mengelola kredit renovasi agar efektif bagi Anda, diantaranya:
  • Perhitungkan kebutuhan dana renovasi Anda dengan memperhitungkan kemungkinan penambahan biaya di tengah jalan misalnya penambahan bagian rumah yang harus direnovasi atau karena naiknya harga bahan bangunan.

  • Persiapkan dana untuk kelengkapan dokumen dan jasa arsitek atau kontraktor. saat hendak mengajukan kredit renovasi Anda membutuhkan jasa arsitek atau kontraktor untuk membantu menyiapkan dokumen sebagai syarat kredit. Dokumen yang dimaksud adalah dokumen RAB (Rencana Anggaran Biaya) dan IMB.

  • Waktu pencairan dana kredit renovasi ini bervariasi tergantung kebijakan bank tempat Anda mengajukannya. Ada yang dibagi secara bertahap dan ada juga yang langsung 100% . Agar pas dengan pengerjaan renovasi Anda , untuk itu Anda harus cermat dalam mengatur penggunaan dana renovasi ini. Misalnya 25% pertama untuk biaya membongkar atap dan tembok, 50% untuk biaya membeli bahan dan membangun, 25% sisanya untuk finishing.

  • Bila Anda mengajukan kredit ke bank syariah, dana Anda akan dicairkan secara bertahap sesuai dengan perkembangan renovasi Anda. Sehingga Anda jangan sampai lalai  memberikan laporan pengerjaan renovasi Anda kepada bank. Dari laporan inilah nantinya bank akan menilai berapa besar dana yang mesti dicairkan untuk membantu Anda. Bila Anda terlambat melaporkannya, tentu bisa mengganggu seluruh proses renovasi karena dana yang akan Anda terima dari bank juga akan terlambat.

  • Bayarlah cicilan kredit Anda tepat pada waktunya. Bila Anda terlambat membayar maka akan ada denda yang dibebankan pada Anda. Denda ini biasanya dihitung dari jumlah hari keterlambatan dikalikan presentase tertentu dari jumlah angsuran bulanan, tergantung kebijakan bank.
Selamat memperbaiki rumah Anda.

2 komentar:

  1. Kami membawakan solusi Anda membangun tanah/lahan atau renovasi rumah Anda dengan memdapatkan kredit dari Bank pilihan Anda. Segera hubungi kami untuk konsul dan perencanaan. Harga dan kualitas sangat kompetitif serta berpengalaman dalam bidangnya.
    Profil lengkap kami dapat dilihat pada video berikut https://www.youtube.com/watch?v=Egx9Bvp_6Ko

    BalasHapus
  2. Untuk renovasi rumah bisa sistem kredit juga ya.

    Salam rumah murah

    BalasHapus