8 Cara menghindari hutang kartu kredit


Kartu kredit jika digunakan dengan bijak, tentunya tidak akan membuat Anda terjerat dalam hutang. Sayangnya tidak sedikit orang yang menggunakan kartu kredit justru untuk berfoya-foya dan kemudian menyalahkan kartu plastik ini ketika mereka sadar akan hutang yang menumpuk karena kelakuan mereka ini. 

8 Cara Menggunakan Kartu Kredit dengan Bijak


Di bawah ini  adalah 8 cara mudah menggunakan kartu kredit dengan bijak agar terhindar dari hutang kredit.

  • Kartu kredit = uang pinjaman. Ketika Anda pikir membeli Ipod Nano adalah hal yang mudah, tunggu samapi Anda melihat tagihan kartu Anda. Ini akan memberikan Anda kesadaran bahwa kartu kredit adalah pembayaran yang ditunda, bukan pembelian yang gratis.

  • Beli yang mampu. Jangan membeli barang dengan harga yang diluar kemampuan cicilan bulanan Anda. Ingatlah bunga yang semakin menumpuk ketika Anda gagal membayar secara penuh tagihan karti kredit Anda. 

  • Jangan gunakan untuk membeli hal-hal "kecil" seperti kopi atau fast food, biasanya hal-hal remeh seperti ini yang justru akan bertambah dengan cepat.

  • Pastikan Anda bayar sebelum jatuh tempo. Anda akan dikenakan biaya tambahan jika terlambat membayar tagihan kartu.

  • Belanja bijak. Membeli barang dengan menggunakan kartu kredit memang sangat mudah. Tapi tahanlah diri Anda, beli yang Anda butuhkan, bukan yang Anda inginkan.

Bijak gunakan kartu kredit
Bijak gunakan kartu kredit
  • Bayar lebih dari pembayaran minimum. Setiap kartu kredit menetapkan pembayaran minimum tagihan kartu kredit sebesar 10% dari tagihan. Meskipun begitu, bukan berarti Anda tidak dapat membayar lebih dari jumlah itu. Bayarlah lebih dari tagihan minimum tersebut.
  • Jaga jumlah kartu. Sebaiknya jangan memiliki kartu kredit lebih dari dua atau tiga kartu, apalagi jika Anda menggunakan kartu itu sekaligus. 

  • Rewards. Kumpulkan point rewards dan tukarkan dengan barang atau promo yang Anda perlukan dengan harga yang lebih tinggi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar