Agar Tidak Tertipu Kredit Mobil Bekas Tabrakan


Kredit Mobil bekas menjadi pilihan untuk mereka yang ingin memiliki mobil namun dengan dana yang terbatas. Jangan salah, meski namanya bekas, namun bila kita pintar memilih dan tahu tentang mesin mobil, kita bisa memiliki mobil bekas dengan kualitas yang tidak kalah prima dengan mobil baru.

Karenanya, memilih mobil dalam kredit mobil memang harus sangat hati-hati, salah-salah, kita bisa saja ditipu dan membeli mobil yang ternyata bekas tabrakan. Belum lama dipakai kita harus sudah mengeluarkan uang lagi untuk memperbaikinya. Tentu tidak mau bukan?

Agar Tidak Tertipu Kredit Mobil Bekas Tabrakan


Dikutip dari Viva Otomotif, Parman Suanda, Kepala Bengkel Plaza Toyota, memberikan beberapa hal yang harus benar-benar dicermati ketika memilih mobil bekas agar tidak sampai salah memilih mobil bekas tabrakan. 
Agar Tidak Tertipu Kredit Mobil Bekas Tabrakan
Agar Tidak Tertipu Kredit Mobil Bekas Tabrakan

Bodi Mobil

Cermati benar detail dan kondisi bodi cat mobil, mulai dari grill, kap, hingga pintu. Apakah ada belang atau kondisi cat yang berbeda? Kalau ada, bisa jadi kemungkinan besar bagian tersebut pernah mengalami kerusakan karena tabrakan. Bahkan, kadanga saat cat kelihatan cukup mulus, biasanya akan terdapat sisa kompon di bagian yang pernah mengalami benturan.


Periksa kebocoran pada karet kaca. Bila kita menemukan kebocoran pada karet kaca mobil, ini indikasi perbaikan bodi yang kurang bagus dan penggunaan komponen murah pada mobil bekas. Cara untuk mengetahuinya, coba semprotkan air di bagian tersebut. Bila terjadi rembesan air ke sisi dalam kaca (ruang dalam mobil), artinya struktur bodi pernahmengalami hantaman keras atau tabrakan.


Test Drive

Saat melakukan test drive, coba kemudikan mobil pada kecepatan di atas 40km/jam di jalanan yang bagus atau rata. Biasanya, pada mobil bekas tabrakan, saat ini setir menarik ke satu sisi, kanan atau kiri.   Ini disebabkan karena jarak pijak roda depan atau belakang berubah dan tidak sesuai dengan posisi asli sebagai akibat benturan yang kencang.
"Ada sasis yang harus diluruskan karena bengkok terkena benturan," ujar Parman.

Perhatikan radius putar. Pada mobil bekas tabrakan, radius putar akan berbeda antara kanan dan kiri. Ini diakibatkan perbedaan pada jarak pijak depan dan belakang.

Bila kita kurang begitu mengerti atau tidak berpengalaman tidak ada salahnya membawa mobil tersebut ke bengkel spooring.

Selamat kredit mobil bekas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar