Tips Cegah Kejahatan Kartu Kredit ala BI



Belanja kini semakin terasa mudah dengan adanya kartu kredit. Dengan kartu kredit, kita hanya tinggal menggesek kartu dan barang yang diinginkan sudah menjadi milik kita. Selain itu, kita juga bisa terhindar dari tindak pencurian karena tidak perlu membawa uang yang banyak. 

Meski begitu, kartu kredt ternyata juga bisa terkena tindal kejahatan, yakni berupa pencurian dan duplikasi data pemegang kartu yang digunakan untuk membuat kartu baru. Selanjutnya kartu ini akan digunakan untuk berbelanja dalam jumlah besar dan tagihannya tentu ditagihkan kepada si pemilik asli. Sungguh merugikan. 

Namun, kejahatan ini masih bisa dicegah.

Tips Cegah Kejahatan Kartu Kredit ala BI

Berikut adalah tips untuk mencegah tindak kejahatan kartu kredit dari BI, di antaranya:  
Tips Cegah Kejahatan Kartu Kredit ala BI
Tips Cegah Kejahatan Kartu Kredit ala BI


  • Tolak dan tegur kasir bila bersikeras menggesek kartu kredit di mesin kasir. Sejak 2010 lalu, BI telah mengimplementasikan teknologi chip pada kartu kredit di Indonesia. Dengan teknologi chip ini  cara transaksi kartu kredit pun berubah dari yang sebelumnya di-swipe (digesek) menjadi di-dip (dimasukkan) ke mesin EDC (electronic data capture). Karena itu, bila kartu  sudah di-dip di mesin EDC berarti tidak perlu lagi di-swipe. Karenanya, bila petugas kasir masih mau menggesek kembali kartu di mesin kasir, kita bisa menegur dan berhak untuk menolaknya.
  • Aktifkan notifikasi transaksi kartu kredit melalui ponsel dan aktifkan selalu ponsel kita. Dengan begitu kita bisa langsung mengetahui bila ada transaksi dari bank penerbit. Jangan lupa untuk segera menginformasikan ke bank bila terdapat perubahan nomor ponsel.
  • Teliti dan cek transaksi di lembar tagihan. Terutama bila terdapat transaksi yang tidak kita lakukan. Segera kontak bank dan minta klarifikasi jika ada transaksi yang tidak sesuai dan minta untuk memblokir kartu tersebut dan minta untuk  diganti dengan kartu baru.
  • Terakhir, Biasakan untuk selalu membayar tagihan kartu kredit tepat waktu, baik secara lunas maupun dengan mencicil. Sehingga kita terhindar dari bunga dan denda keterlambatan.

Ingat, gunakan kartu kredit dengan bijak dan jangan lengah saat bertransaksi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar