Ini Dampaknya Jika Ibu Hamil Kekurangan Gizi

Menjaga kehamilan memang tidak bisa dibilang mudah. Butuh pengetahuan luas dan usaha yang keras agar sang ibu dan janin terjaga kesehatannya dan tercukupi gizinya. Mulai dari mengonsumsi vitamin untuk ibu hamil, mengonsumsi makanan yang wajib selama kehamilan, hingga berbagai senam pun diikuti oleh sang ibu. Namun, dalam masa-masa kehamilan mungkin tak selalu semulus yang diharapkan. Ada berbagai faktor yang dapat membuat ibu hamil tidak dapat memenuhi kebutuhan asupannya. Misalnya seperti berikut:

dampak kurang gizi pada ibu hamil


  • Berkurangnya nafsu makan sehingga tidak bisa mengonsumsi makanan untuk memenuhi kebutuhan gizi.
  • Adanya masalah penceraan. Seperti diare atau sembelit bisa membuat sang ibu kesulitan untuk mencerna makanan sehingga sulit untuk memenuhi kebutuhan gizi.
  • Menderita penyakit tertentu yang mengharuskan untuk mengonsumsi obat-obatan yang bisa mengganggu penyerapan nutrisi.

Bahkan masih banyak faktor-faktor lain selain ketiga hal di atas yang bisa menyebabkan sang ibu kekurangan gizi. Selain merugikan untuk ibu hamil, tentunya gizi yang tidak cukup juga berdampak pada kesehatan janin. Mungkin sekarang Anda bertanya-tanya pa yang dapat terjadi ketika ibu hamil kekurangan gizi. Untuk lebih jelasnya, mari simak uraiannya di bawah ini. 

1. Masalah Ketika Melahirkan
Salah satu akibat kurangnya gizi pada ibu hamil yaitu bisa memengaruhi proses kelahiran. Dampak serius yang bisa terjadi di antaranya adalah seperti kelahiran prematur, kesulitan persalinan, perdarahan setelah kelahiran, bahkan cacat.

2. Rendahnya Kekebalan Tubuh 
Karena janin menerima asupan dari sang ibu, maka sudah pasti kecukupan nutrisi janin juga akan terganggu jika sang ibu mengalami kekurangan gizi. Padahal nutrisi ini dibutuhkan untuk bayi mulai dari janin sampai nanti iya tumbuh dan berkembang. Bayi yang tidak memiliki nutrisi cukup umumnya lahir dengan barat badan yang rendah dan sistem kekebalan tubuh yang lemah pula sehingga lebih besar risikonya untuk terkena penyakit.

3. Keterbelakangan Pertumbuhan dan Perkembangan
Bukan hanya berat badan yang rendah saat lahir, kekurangan gizi pada saat hamil bisa memengaruhi pertumbuhan dan perkembangan anak nantinya. Bayi yang kurang gizi bisa terancam gangguan kognitif dan IQ. Gizi yang tidak tercukupi dengan baik juga bisa menyebabkan koordinasi dan penglihatan anak melemah.

Jadi, jaga kesehatan dan konsumsi nutrisi yang cukup selama kehamilan agar ibu dan janin dapat terjaga dengan baik. (Rima)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar